INFORMASI DALAM PRAKTIK
Nama kelompok :
1.
Puri Risma (51415046)
2.
Sari Widya (51415055)
3.
Septian Lianto (51415056)
Ø PENDAHULUAN
Manajemen
memusatkan perhatian pada CSF, manajemen memastikan bahwa manajemen akan
menghabiskan waktunya pada hal-hal yang benar-benar berarti. Perusahaan yang
mampu mengembangkan sistem informasi yang efektif adalah salah satu CSFnya.
Pemrosesan
transaksi akan menghasilkan suatu basis data yang digunakan oleh sistem-sistem
yang lain disalam perusahaan. sistem pemrosesan transaksi perusahaan dalam
bidang bisnis distribusi yaitu produsen, distributor, pedagang eceran.
Sistem informasi
lainnya di dalam perusahaan dimaksudkan untuk mendukung unit-unit organisasi.
Basis data tidak akan memberikan manfaat ketika pengguna menginginkan catatan
sejarah yang mendalam dari suatu aktivitas tertentu.
Data warehouse
lama-kelamaan terakumulasi dan data dapat diambil dengan cepat untuk digunakan
dalam pengambilan keputusan. Satu jenis peranti lunak khusus yang disebut OLAP
telah dikembangkan untuk memberikan informasi kepada para pengguna data
warehouse dan bentuk multidimensional.
Ø PEMBAHASAN
v INFORMASI SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENTING PENENTU
KEBERHASILAN
Terdapat beberapa aktivitas penting yang akan menentukan
keberhasilan atau kegagalan bagi semua jenis organisasi. CSF merupakan
aktivitas-aktivitas penting, dan faktor-faktor tersebut dapat berbeda dari satu
organisasi ke organisasi yang lain.
Manajemen perusahaan akan memusatkan perhatian pada
pengidentifikasian CSF kemudian memonitor sampai seberapa jauh manajemen telah
mencapainya, hal tersebut terjadi karena manajemen menjalankan konsep CSF.
Informasi maerupakan suatu sumber daya yang berharga dan
sistem informasi yang baik merupakan salah satu CSF.
v SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI
Sistem pemrosesan
transaksi digunakan untuk menjelaskan sistem informasi yang mengumpulkan data
yang menguraikan akytivitas perusahaan, mengubah data menjadi informasi, dan
menyediakan informasi tersebut bagi pengguna baik dalam perusahaan maupun
diluar perusahaan.
Satu-satunya sistem
informasi yang memiliki tanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan informasi diluar
perusahaan dan juga untuk memberikan informasi kepada setiap unsur lingkungan
selain pesaing disebut sistem pemrosesan transaksi.
§ Tinjauan Sistem
Untuk
mendokumentasikan sistem digunakan diagram arus data atau DFD. DFD
mendokumentasikan suatu sistem dengan cara yang hierarki.
Unsur-unsur
lingkungan dari sistem distribusi meliputi pelanggan, pemasok, ruang persediaan
bahan baku, dan manajemen. Arus data yang menghubungkan perusahaan dengan para
pelangganya mirip dengan arus yang menghubungkan perusahaan dengan pemasok.
·
pesanan penjualan
(sales order) yaitu pesanan yang diterima perusahaan dari pelanggnya.
·
pesanan pembalian
(purchase order) yaitu pesanan yang ditempatkan oleh perusahaan kepada
pemasoknya.
§ Subsistem-Subsistem Utama Dari Distribusi
Diagram
konteks cukup memadai untuk mendefinisikan batasan sistem-unsur-unsur
lingkungan dan antar mukanya.
§ Sistem Yang Memenuhi Pesanan Pelamggan
Empat
sistem utama yang terlibat dalam pemenuhan pesanan pelanggan, entri pesanan,
persediaan, penagihan, dan piutang dagang. Sistem entri pesanan memasukkan
pesanan ke dalam sistem, sistem persediaan memelihara catatan persediaan,
sistem penagihan membuat faktur pelanggan dan sistem piutang dagang menagih
uang dari para pelanggan.
§ Sistem Yang Memesan Persediaan Pengganti
·
sistem pembelian
(purchasing system) menerbitkan pesanan pembelian kepada pemasok untuk
persediaan yang dibutuhkan.
·
sistem penerimaan
(receiving system) menerima persediaan.
·
sistem utang dagang
(accounts payable system) melakukan pembayaran.
§ Sistem Ynag Menjalankan Proses Buku Besar
Sistem
buku besar adalah sistem akuntansi yang menggabungkan data dari sistem-sistem
akuntansi yang lain dengan tujuan untuk menyajikan gambaran keuangan operasi
perusahaan secara gabungan.
§ Menempatkan Sistem Pemrosesan Transaksi Dalam Perspektif
Sistem
pemrosesan transaksi adalah sistem informasi pertama yang terkomputerisasi.
Selain sebagai area operasi yang paling dapat dipahami sistem ini juga berperan
sebagai fondasi dari semua aplikasi yang lain.
v SISTEM INFORMASI ORGANISASI
Ada area-area
bisnis perusahaan keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, manufaktur,
dan pemasaran menggunakan basis data diperoleh dari sistem pemrosesan
transaksi, ditambah data dari sumber lain, untuk menghasilkan informasi yang
digunakan manager dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
§ Sistem Informasi Pemasaran
Pada
sistem informsi pemasaran memberikan informasi yang berhubungan dengan
aktivitas pemasaran perusahaan.
§ Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Sistem
informasi sumber daya manusia memberikan informasi kepada seluruh manajer
perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia perusahaan.
§ Sistem Informasi Manufaktur
Sistem
informasi manufaktur memberikan informasi kepada seluruh manajer yang berkaitan
dengan operasi manufaktur perusahaan.
§ Sistem Informasi Keuangan
Disini
sistem informasi keuangan memberikan informasi kepada seluruh manajer
perusahaaan yang berkaitan dengan aktivitas keuangan perusahaan.
§ Sistem Informasi Eksekutif
Sistem
informasi eksekutif merupakan suatu sistem yang memberikan informasi kepada
para manajer di tingkat yang lebih tinggi atas kinerja keseluruhan pada
perusahaan.
v MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management – CRM)
adalah manajemen hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sehingga baik
perusahaan maupun pelanggannya akan menerima nilai maksimum dari hubungan ini.
Pada sistem CRM akan
mengakumulasikan data pelanggan dalam jangka panjang untuk memberikan informasi
kepada pengguna. Lalu sistem CRM merupakan data warehouse (gudang data). CRM
hanyalah salah satu aplikasi yang dapat mempergunakan data warehouse, tetapi ia
dapat menjadi contoh yang baik untuk menjelaskan konsep itu.
v DATA WAREHOUSING
Seiring dengan
terakumulasikannya data transaksi selama bertahun-tahun, maka volume data itu
akan menjadi sangat besar. Dalam kurun waktu belakangan ini saja teknologi
komputer mampu mendukung suatu sistem dengan permintaan data berskala besar
seperti itu. Saat ini sangat dimungkinkan untuk membangun suatu sistem dengan
kapasitas data yang hampir tak terbatas.
§ Karakteristikl Data Warehousing
Gudang data atau
warehouse telah diberikan untuk menjelaskan penyimpanan data yang memiliki
karakteristik sebagai berikut :
·
Kapasitas
penyimpanannya sangat besar
·
Data diakumulasikan
dengan menambahkan catatan-catatan yang sudah ada dengan informasi yang baru
·
Data dapat diambil
dengan mudah
·
Data sepenuhnya
digunakan untuk pengambilan keputusan, dan tidak digunakan dalam operasi
perusahaan sehari-hari.
§ Sistem Data Warehousing
Data warehousing merupakan bagian utama dari data
wareousing yang memasukkan data kedalam gudang, mengubah isinya menjadi informasi,
dan menyediakan informasi tersebut kepada para pengguna, suatu sistem
penyampaian informasi akan memperoleh data dari tempat penyimpanan data
warehouse dan mengubahnya menjadi informais bagi para pengguna.
§ Bagaimana
Data Disimpan dalam Tempat Penyimpanan Data Warehouse
Didalam
suatu sistem basis data, sebuah data mengenai subyek tertentu disimpan bersama
dalam satu lokasi, yang biasanya berbentuk sebuah tabel.
v SKEMA
BINTANG
Karena
memiliki kemiripan dengan pola sebuah bintang, maka struktur ini dibuat skema
bintang ini memungkinkan di perelohnya informasi seperti :
-
Untuk penjualan aktual
menurut kode pos pada satu bulan tertentu
-
Perbandingan jumlah
komisi penjualan menurut wilayah penjualan selama dua kuartal terakhir
-
Penjualan produk berdasarkan
pelanggan untuk tahun berjalan sampai dengan saat ini
v PENYAMPAIAN
INFORMASI
Sistem
data warehousing merupakan sistem penyampaian informasi yang mendapatkan data
dari tempat penyimpanan data, mengubahnya menjadi informasi tersebut sedia bagi
para pengguna. Proses melakukan navigasi ada drill down dan ada roll up.
Pengguna juga dapat melakukan drill across dengan cepat bergerak dari satu
hierarki data ke hierarki lainnya dan drill through, berangkat dari tingkat
ringkasan ke tingkat terendah data yang terinci.
KESIMPULAN
Kinerja
dalam beberapa area perasi perusahaan dapat menentukan kesuksesan maupun
kegagalan. Pada area – area disini yang disebut faktor – faktor penting penentu
keberhasilan, akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain, namun
cenderung akan mengikuti pola – pola tertentu berdasarkan pada bidang
industrinya.
Sistem
yang memproses data akuntansi perusahaan disebut sebagai sistem pemrosesan
transaksi. Data dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan dan dimasukkan ke
dalam satu basis data, bersama – sama dengan data dari lingkungannya.
Sistem
distribusi terdiri atas tiga proses utama : memenuhi pesanan pelanggan, memesan
persediaan pengganti dari pemasok, dan memelihara buku besar. Pemrosesan
pesanan melibatkan suatu sistem entri pesanan, sistem persediaan, sistem
penagihan, dan sistem piutang dagang. Sistem pengganti persediaan terdiri atas
sistem pembelian, sistem penerimaan, dan sistem utang dagang. Sistem buku besar
terdiri atas dua subsistem utama : memperbarui sistem buku besar dan sistem
pembuatan laporan manajemen. Lalu data warehouse memberikan suatu pendekatan
baru bagi para pengguna untuk mendapatkan informasi dalam pengambilan
keputusan.
REKOMENDASI
MANAJERIAL
-
Perusahaan perlu
menggunakan (CSF) Critical Sukses Faktor untuk dapat menentukan keberhasilan
ataupun kegagalan dalam menggunakan faktor ini.
-
Untuk memenuhi
kebutuhan akan suatu sistem aplikasi perusahaan bisa dapat memanfaatkan
manajemen hubungan pelanggan agar dapat mengetahui apa saja yang diinginkan dan
dibutuhkan.
-
CRM memilki kebutuhan
data yang begitu besar sehingga memerlukan suat jenis masing penyimpanan yang
memadai yaitu data warehouse.
-
Agar memanfaatkan bagi
para pengguna untuk mendapatkan informasi yang berbentuk laporan dan dapat
digunakan untuk mengambil sebuah keputusan dalam perusahaan.
-
Penyimpanan elektronik
sangat membantu untuk penyimpanan data dan guna menjangkau keinginan dan
kemudahan bagi para pengguna seperti e-mail, e-toll dan sebagainya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar