SUMBER
DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Nama Kelompok :
1. Puri Risma (51415046)
2. Sari Widya Novanti (51415055)
3. Septian L.S (51415056)
PENDAHULUAN
Sumber daya komputer tidak hanya
yang terdapat diatas meja tetapi juga meliputi peranti keras dan peranti lunak serta
file-file yang diakses melalui suatu jaringan. Faktor yang mempengaruhi
penggunaan sumber-sumber daya komputer yaitu kecepatan dan biaya.
Para pengguna komputer menghubungkan
komputer mikro melalui jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan
laba yang lebih tinggi. Manajer dapat saling berbagi informasi komputer dengan
cepat dan mudah akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan cepat
daripada para pesaingnya.
Standar teknologi informasi selalu
berubah, perusahaan yang dapat melihat ke masa depan dan memenfaatkan perubahan
adalah perusahaan yang akan mampu tetap hidup dalam perekonomian saat ini.
PEMBAHASAN
-
PERANTI KERAS
Adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifatnya nayata dan mudah
dipegang. Ada berbagai fitur yang terdapat dalam komputer seperti prosesor,
memori, kapasitas penyimpanan, dan alat input dan output.
Komputer
mainframe adalah komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi
komputer untuk sistem informasi tersentralisasi. Komputer mikro muncul ketika
komputer digunakan oleh satu orang dan disebut komputer pribadi. Saat ini
komputer mikro telah banyak berkembang.
·
Prosesor
Yaitu suatu tempat
untuk pemrosesan data. Prosesor juga merupakan otak dari suatu komponen dan
untuk menjalankan suatu komputer.
§ KECEPATAN
PROSESOR
Diukur dengan siklus
yang terjadi perdetik. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megaherta.
Pentium extreme edition inter berjalan pada kecepatan 3,2 gigaherta.
§ UKURAN
WORD
Adalah salah satu hal
yang penting untuk menentukan berapa banyak karakter yang disebutkan. Komputer
mikro sekarang lebih dapat memindahkan 4 karakter dengan siklus dan tidak lama
lagi akan memindahkan 8 karakter dalam satu siklus, ini lebih baik dari pada
komputer mikro pertama.
§ KEKUATAN
Kekuatan suatu komputer
dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor juga perbaikan dalam
lintasan prosesor akan memungkinkan operasi dikerjakan dalam siklus ang lebih
sedikit.
·
Memori
Merupakan suatu ruang
penyimpanan yang mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan
lintasan sebuah komputer. Jumlah memori yang terdapat dalam sebuah komputer
mikro dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada persepsi pengguna akan
kecepatan.
·
Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan dapat
berbentuk tetap atau dapat dilepas.
§ Ruang
penyimpanan tetap adalah penyimpanan yang sudah ada didalam suatu komputer.
Seperti hard drive komputer mikro.
§ Ruang
penyimpanan yang mudah dilepas, ruang penyimpanan ini dapat dengan mudah
dilepas dari satu komputer dan dapat dipasang lagi pada komputer lain. Seperti
USB, CD dan DVD.
·
Alat-alat input (input devices)
Suatu alat yang dapat
merangkap data oleh metode manual atau elektronik dan mengirimkan data keruang
penyimpanan atau memori. Adapun kendala bagi data yang diterima dari manusia
yaitu yang pertama adalah lambat dan yang kedua adalah seperti data yang
diterima dari mesin – data yang terima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.
·
Alat – alat output (output devices)
Disebut juga komponen
keluaran yaitu hasil dari suatu yang sudah dikerjakan. Alat keluaran tersebut
dapat menghasilkan sesuatu hasil. Dua alat output yang paling dikenal yaitu
layar komputer sangat dipengaruhi oleh revolusi layar. Sedangkan printer
memiliki keunggulan yang serupa dengan monitor.
·
Multimedia
Evolusi utama alat
input dan output yaitu menuju kearah multi media, penggunaan lebih dari satu
media pada layar yang sama. Saat ini sebagian besar pengguna komputer tidak
akan mendapatkan akses dari sistem informasi berbasis komputer jika tidak
tersedia multimedia.
-
ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi
pribadi telah sejak lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Awalnya
komputer mikro disebut komputer pribadi. Dewasa ini masing-masing pengguna
komputer mikro dapat berbagi file, printer dan sumber daya lainnya ketika
terhubung oleh satu jaringan.
-
TELEPON SELULER DENGAN PESAN DAN VIDEO
INTERAKTIF
Para
produsen membeli telepon seluler / produk mereka dengan berbagai macam fitur
dan tampilan guna memudahkan para penggunanya saat mengoperasikan telepon
seluler mereka. Seperti layar pada perangkat telepon yang dapat menampilkan
tulisan dan gambar dilayar berfungsi sebgai output dan inputnya ialah keyboard
/ keypad. Selain itu juga tersedianya memori untuk menyimpan data-data para
penggunanya dan juga tersedianya fitur alarm yang membantu bisnis para manajer
dan profesional untuk untuk tepat waktu.
-
TELEPON SELULAR CERDAS
Telepon
selular dapat dikatakan telepon cerdas karena telepon selular dapat menjalankan
pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Selain itu telepon
selular juga dapat digunakan untuk mengakses jaringan nirkabel secara global.
Seperti contohnya telepon selular GSM yang benar-benar menciptakan koneksi
secara global.
-
JARINGAN RUMAH
Jaringan
rumah merupakan koneksi dalam lingkungan rumah yaitu seperti memasang modem yang
dapat digunakan untuk mengakses jaringan berkecepatan tinggi. Salah satu cara
untuk mendapatkan jaringan yaitu dengan cara memasang router dan roater akan
tersambung ke komputer atau perangkat lain melalui sebuah jaringan nirkabel.
-
KEAMANAN KOMPUTASI RUMAH
Agar
data-data pengguna yang sifatnya pribadi tetap aman keamanan komputasi rumah
perlu di perhatikan. Karena tidak banyak pengguna komputer yang memikirkan
keamanannya. Ada tiga keamanan komputer rumah yaitu :
§ Update,
suatu praktek baik sistem operasi maupun perangkat lunak aplikasi
§ Virus,
ialah program komputer yang dapat menginfeksi komputer tersebut
§ SPYware,
merupakan sebuah program komputer yang dapat mengawasi apa saja yang pengguna
lakukan dengan komputernya, spyware mampu membajak dan mengakses data pribadi.
-
PERANTI LUNAK
Dua
jenis perangkat lunak dasar yang harus ada di dalam perangkat komputer adalah :
·
Sistem operasi merupakan sistem yang
menjalankan tugas yang dibutuhkan oleh para pengguna di dalam komputer.
·
Aplikasi merupakan perangkat lunak yang
terdapat dalam sistem operasi yang berguna untuk memproses data pengguna.
-
PERANAN PERANTI LUNAK YANG MUDAH
DIGUNAKAN PENGGUNA
Perangkat
lunak yang sederhana yang mudah digunakan oleh para pengguna berarti bahwa
aplikasi tersebut telah dibuat secara detail oleh pembuatnya.
Karakteristik
aplikasi yang digunakan :
·
Terdapat dialog yang mengarahkan
pengguna pada step berikutnya
·
Terdapat menu atau daftar perintah yang
disertai dengan icon
·
Pola dan formulir – formulir acuan
·
Bantuan yang sensitif pada konteks
·
Bentuk grafis dengan menggunakan
symbol-simbol yang terstadarisasi
-
KOMUNIKASI
Protokol
merupakan spesifikasi dalam pemformatan data yang akan ditransfer ke dalam
peralatan komunikasi. Protokol sistem telepon publik dirancang untuk komunikasi
suara dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi.
-
KONEKSI PUBLIK
Protokol
– protokol untuk sistem telepon public dirancang untuk memenuhi kriteria –
kriteria minimum transmisi suara. Transmisi analog bermutu rendah dan kualitas
yang di butuhkan komunikasi data secara signifikan lebih rendah daripada yang
dibutuhkan untuk transmisi data komputer.
·
Saluran Pribadi
Saluran
pribadi merupakan suatu lintasan yang selalu terbuka untuk lintas komunikasi.
Saluran pribadi ditunjukkan untuk digunakan disediakan oleh penyedia layanan
umum yaitu perusahaan telepon. Terdapat dua jenis saluran pribadi yaitu saluran
T – 1 dan T – 3. Saluran T – 1 memiliki kecepatan transmisi maksimum sedikit
diatas 1,5 Mbps. Saluran T – 3 dapat menstrasnfer data kecepatan 43 Mbps.
·
Jaringan Pribadi Maya
Jaringan
pribadi maya yaitu kecepatan yang lebih tinggi disebabkan oleh adanya faktor
bahwa kebenaran pesan yang dikirimkan meggunakan internet akan diperiksa ketika
peralatan telepon melakukan pesan melalui link.
·
Komunikasi Jaringan
Pada
tahun 1946 organisasi menciptakan standar interkoneksi sistem terbuka. OSI
terdiri dari sebuah model tujuh lapisan yaitu :
§ Lapisan
7 : lapisan aplikasi yaitu melaksanakan komunikasi aplikasi ke aplikasi
§ Lapisan
6 : lapisan presentasi yaitu mengelola konversi penyajian data
§ Lapisan
5 : lapisan sesi yaitu membuat dan memelihara saluran komunikasi
§ Lapisan
4 : lapisan transport yaitu menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke
ujung
§ Lapisan
3 : lapisan jaringan yaitu mengedarkan data dari suatu alamat jaringan ke
alamat jaringan yang lain
§ Lapisan
2 : lapisan lirik data yaitu memindahkan data dari alamat jaringan ke alamat
jaringan lain
§ Lapisan
1 : lapisan fisik yaitu menyimpan dan mengambil data dari media jaringan
·
Protokol untuk Komunikasi Komputer
Terminal
merupakan suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau proses,
terminal hanya menyediakan alat masukan dan menampilkan data bagi komputer.
Protokol peer to peer mungkin setiap komputer untuk bertindak sebagai
penengendali dirinya sendiri. IBM menamakan prookol peer to peer ini sebagai
lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda (token) akan diedarkan diantara
sesama komputer.
·
Paket
Paket
data adalah bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan
dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengirim, dan informasi kendali
lainnya.
·
Alamat jaringan internal
Ketika
menjalankan paket-paket pada internet akan menggunakan alamat IP. Alamat IP
merupakan empat bagian kumpulan angka (antara 0 sampai 155) yang dipisahkan
oleh titik. Bagian – bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host,
subjaringan, dan komputer yang sedang dituju.
-
JENIS – JENIS JARINGAN
Jenis-jenis
jaringan disini terdapat satu jaringan yaitu internet. Dan terdapat beberapa
jenis jaringan yang membangun blok-blok yang bergabung dan terjadi internet.
·
Jaringan Area Lokal
Merupakan
sekelompok komputer dan alat-alatnya (seperti printer) yang terkoneksi pada
satu media yang sama. Yang dimaksud jaringan area luas metropolitan adalah satu
jaringan yang memiliki batas jarak fisik kurang lebih 30 mil.
·
Internet
Lebih
mudah saja, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat digabungkan, jika
memiliki satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor yang
lain, maka anda dapat manggabungkan keduanya dengan sebuah internet.
-
KESIMPULAN
Supaya dapat berfungsi lalu dapat
digunakan secara maksimal lagi penggunanya maka sistem komputer memiliki
strutur didalamnya yaitu perangkat keras dan lunak. Ini tidak dapat berjalan
apabila tidak ada keduanya perangkat tersebut. Perangkat keras terdiri dari
input, yaitu suatu alat yang digunakan untuk sistem komputer bernama keyboard.
Lalu alat output yaitu alat keluaran dari sistem komputer yang berupa data
(softfile) atau hardfile seperti printer. Lalu perangkat lunak dari sistem
komputer ada 2 yaitu perangkat lunak sistem dan aplikasi. Perangkat lunak
sistem disebut juga operasi, adalah sistem yang menjalankan tugas-tugas dasar
pengguna komputer. Dan perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang
terdapat di dalam sistem operasi yang berfungsi untuk memproses data
penggunanya. Apabila struktur komputer diatas menjadi suatu kesatuan yang utuh,
maka pengguna dapat membutuhkan suatu jaringan agar dapat berkomunikasi dan
mengakses sistem informasi melalui alamat web dengan menggunakan perangkatnya.
Untuk melakukan hal tersebut pengguna membutuhkan beberapa perangkat tambahan
seperti modem, agar dapat mengakses jaringan komunikasi secaara pribadi dan
menyeluruh.
-
REKOMENDASI MANAJERIAL
Dengan tergantungnya manajer dan staf
professional pada sumber daya komputer pribadiuntuk mengerjakan tugas dan
pekerjaannya mereka harus menyadari kebutuhan dalam meneruskan informasi
berbasis komputer dari satu pengguna ke pengguna lain, yaitu dengan LAN karena
jaringan ini memilki keterbatasan pada jarak yang diperkenankan. Maka dari itu
para professional dapat menggunakan fasilitas yang lebih menunjang daripada
menggunakan LAN, yaitu dengan memanfaatkan jaringan internet wiffi yang dapat
digunakan untuk tersambung dengan para pengguna lainnyadan memudahkan para
manajer dan professional untuk menjalankan tugas-tugas pekerjaannya, karena
perusahaan harus mempunyai standar teknologi guna menunjang kegiatan dan
aktivitas perusahaan tersebut.
Referensi
:
McLeod,
Reymond; George P Schell. (2008), Management
Information System – sistem Informasi Manaemen. Edisi 10. Salemba Empat,
Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar