“SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF”
Tim 4
1. Puri Risma (51415046)
2. Sari Widya (51415055)
3. Septian L S (51415056)
PENDAHULUAN
Keunggulan kompetitif menjadi topik yang banyak diperbincangkan. Untuk mencapai keunggulan kompetitif dilakukan dengan mengelola sumber daya fisik yang ada dan sumber daya virtual. Keunggulan kompetitif juga berkaitan dengan rantai nilai yang dimana dari hal tersebut dapat digunakan oleh para eksekutif memperoleh informasi guna mendapatkan keunggulan strategis, taktis, dan operasional. Perusahaan yang dalam kategori perusahaan global memiliki kebutuhan, kebutuhan informasi dan koordinasi khusus, yaitu diantara lain sumber daya informasi, piranti lunak, piranti keras, spesialis informasi / data base. Para eksekutif bertugas untuk melakukan perencanaan strategis untuk organisasi dan area bisnisnya guna mencapai sasaran yang diinginkan.
PEMBAHASAN
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
- ALIRAN SUMBER DAYA FISIK
Meliputi pegawai, bahan baku, mesin dan uang. Bahan baku yang memasuki dalam perusahaan dalam bentuk barang mentah dan diubah menjadi barang jadi lalu dijual kepada konsumen pada perusahaan. ketika berada dalam perusahaan, sumber daya fisik digunakan untuk memperoleh produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan kepada konsumen.
- ALIRAN SUMBER DAYA VIRTUAL
Dalam aliran ini sumber daya virtual merupakan data maupun informasi yang memperoleh keputusan.
- MEKANISME PENGENDALIAN PERUSAHAAN
Unsur-unsur yang dapat perusahaan lakukan untuk mencapai tujuannya :1. Standar kinerja yang dicapai keseluruhan oleh perusahaan
2. Manajemen perusahaan
3. Proses informasi dalam bentuk data diubah ke dalam informasi
- LINGKARAN UMPAN BALIK
Mencakup sumber data virtual
Perusahaan Di Dalam Lingkungannya
1. Pemasok : pemasok bahan baku, jasa, orang, maupun informasi untuk memperoleh produk dan jasa
2. Pelanggan : produk dan jasa yang akan dipasarkan
3. Serikat pekerja : organisasi dari karyawan yang ahli / tidak ahli dalam bidangnya
4. Komunitas keuangan : institusi-institusi bank maupun pemberi pinjaman lain yang mencakup sumber daya keuangan dalam perusahaan
5. Pemegang saham dan pemilik : orang-orang yang menginvestasikan uang dalam perusahaan
6. Pesaing : mencakup keseluruhan organisasi yang bersaing dalam pasar
7. Pemerintah : dalam tingkat nasional, provinsi, maupun lokal akan menentukan batasan peraturan dalam bentuk pemberian, informasi dan dana
MENGELOLA SUMBER DAYA FISIK – MANAJEMEN RANTAI PASOKAN (SUPPLY CHAIN MANAGEMENT)
Suatu aliran yang memfasilitasi aliran sumber daya berupa fisik dari pemasok kepada perusahaan kepada pelanggan.
- Sistem Elektronik
Sistem ini memudahkan mengalirnya sumber daya dari pemasok pada perusahaan dan juga dapat mengetahui langkah-langkah aliran tersebut. dalam sistem elektronik tersebut dibutuhkan suatau sistem yaitu ERP
- Manajemen Rantai Pasokan dan Sistem Perencanaan Sumber Daya Usaha
Manajemen rantai pasokan memiliki peran yang sangat penting dalam operasi perusahaan
- Keunggulan Kompetitif
Suatu perusahaan akan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggannya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif
• Rantai Nilai Porter
Untuk mencapai keunggulan kompetitif perusahaan menggunakan rantai nilai. Untuk menciptakan nilai perusahaan melakukan aktivitas nilai yakni aktivitas nilai utama dan pendukung
• Memperluas Ruang Lingkup Rantai Nilai
Untuk membuat sumber daya input tersedia bila dibutuhkan perusahaan dapat menyatukan rantai nilainya dengan rantai nilai pemasoknya
- Dimensi Keunggulan Kompetitif
Keunggulan kompetitif dapat dilakukan untuk mendapatkan keunggulan strategi, taktis, dan operasional.
Perusahaan Multi Nasional sangat membutuhkan informasi dan koordinasi. Dalam mencapai keunggulan kompetitif perusahaan sangat membutuhkan koordinasi.
TANTANGAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM INFORMASI GLOBAL
Pengembangan semua jenis sistem informasi dapat menjadi suatu tantangan, tetapi krtika sisteem yang di buat mencangkup batas internasional, pada pengembangannya harus mengatasi beberapa kendala yang unik :
Kendala- kendala politis
Semua negara memilki beberapa landasan yang berbeda hal ini menjadikan perusahaan mengalami kesulitan untuk anak perusahaan ke negara tersebut.
Rintangan budaya dan komunikasi
Harus menghadapi perbedaan bahasa, budaya, sudut pandang, dan penggunaan teknologi.
Masalah-masalah teknologi
Kurangnya persediaan sumber listrik, jaringan yang buruk.
Kurangnya dukungan dari manajemen perusahaan
Beberapa anak perusahaan merasa yakin dan tidak menaati aturan pusat.
Manajemen Pengetahuan
Pentingnya sumber daya informasi perlu diolah diwaktu yang tepat dan orang yang tepat.
Dimensi Informasi
Mencangkup penguatan nilai yaitu dengan dukungan relevansi, akurasi, ketepatan waktu dan nilai.
Sifat Manajemen Pengetahuan yang Berubah-ubah
Manajemen pengetahuan dianggap memiliki tingkat rendah.
Perencanaan Strategis untuk Sumber Daya Informasi
CIO & CTO manajer tingkat tinggi yang ahli memecahkan masalah yang berhubungan dengan informasi.
Perencanaan Strtegis bagi Perusahaan
Menempatkan orang yang tpat di tempat yang tepat.
Rencana Strategis bagi Perusahaan
Melihat kebutuhan bagi masing-masing untuk mengembangkan rencana.
REKOMENDASI MANAJERIAL
Sebaiknya perusahaan memanfatkan ERP untuk memudahlan pelayanan informasi bagi para manajemen untuk mengkoordinasi layanan imformasi.
KESIMPULAN :
Perusahaan harus memiliki sistem informasi yang terintegrasi agar mampu mencapai sasaran yang di inginkan dan digariskan untuk memudahkan proses rantai pasokan sampai ke tangan konsumen. Semua hal itu dilakukan guna efisiensi kinerja dan mempermudah proses pengorganisasian suatu organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar