Kamis, 13 September 2018

Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)


“Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)"


Nama kelompok  :
1. Puri Risma A (51415046)
2. Sari Widya N (51415055)
3. Septian L.S    (51415056)


PENDAHULUAN
Perdagangan elektronik atau E-Commerce adalah kegiatan perdagangan dengan melalui peralatan elektronik seperti komputer dalam lingkup besar e-commerce terjadi antara bisnis. E-commerce yang terjadi diluar batas perusahaan dibedakan menjadi dua yaitu B2C dan B2B.
            E-Commerce dewasa ini menjadi suatu yang menjamur karena menawarkan berbagai kemudahan. Semua dilakukan dengan perangkat elektronik.

PEMBAHASAN


§  PERDAGANGAN ELEKTRONIK

Merupakan kegiatan perdagangan dengan melalui peralatan elektronik seperti komputer, HP, notbook,dll. Suatu perusahaan dikatakan e-commerce jika transaksinya melampaui batas perusahaan. Jika hanya dalam satu perusahaan saja maka itu sdisebut transaksi bisnis elektronik. E – commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan.
°         E – commerce diluar batas perusahaan.
E – commerce yang terjadi luar batas perusahaan dibedakan menjadi dua yaitu :
B2C : transaksi yang terjadi antara e – commerce bisnis ke konsumen akhir
B2B :  transaksi yang terjadi antara e – commerce bisnis ke bisnis tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
°         Manfaat – manfaat yang diharapkan dari e – commerce. Ada 3 manfaat :
-          Perbedaan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan.
-          Perbaikan hubungan dengan pemasok  dan komunitas keuangan.
-          Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
°         Kendala – kendala e – commerce
Pada tahun 1996, 60% perusahaan belum melakukan penjualan online dan belum merealisasikan selama 3 tahun kedepan.
Perusahaan banyak yang berhati-hati karena terdapat 3 kendala yakni :
-          Biaya yang tinggi.
-          Kekhawatiran akan masalah keamanan
-          Peranti lunak yang belum mapan atau tersedia
°         Ruang Lingkup e – commerce
Sifat dan ruang lingkup e – commerce pengaruhnya dapat berubah-ubah mengikuti tuntutan zaman atau dapat berubah dengan cepat. Selama lima tahun terakhir e – commerce tingkat perumbuhan mencapai lebih dari 15 persen pertahun.
            E – commerce merupakan salah satu hal yang penting bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memberikan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar.
°         Jalan menuju E – Commerce
Penerapan e – commerce merupakan suatu pekerjaan yang besar untuk meraih keunggulan kompetitif, perencana bisnis strategis akan menerapkan komitmen untuk menggunakan e – commerce.

§  INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)

Adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
°         Basis data eksternal
Pengumpulan informasi oleh perusahaann tidak hanya dari lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi.
°         Messin pencari
Mesin pencari suatu program yang ada dalam komputer khusus dengan mesin ini pengguna dapat menemukan apa yang dicari hanya dengan memasukkan kata atau kata-kata ke dalam situs web. Contoh : yahoo, goegle,dll.

§  STRATEGI    E – COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL

Strategi ini adalah sistem interorganisasional (organizational system) atau disebut dengan IOS. Istilah yang sering  digunakan untuk IOS adalah EDI.
°         Manfaat IOS
-          Efisiensi komperatif
Para sekutu dagang dapat memproduksi barabg dan jasa dengan tingkat efisiensi yang tinggi, dan memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah pada pelanggan.
-          Keuatan penawaran
Adalah kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi mendapatkan keuntungan dalam perussahaannya.
°         EDI
Terdiri atas transmisi data langsung komputer ke komputer dalam suatu format struktur. EDI adalah teknologi yang lebih lama atau dengan pengertian lain EDI adalah implementasi dominan suatu IOS.
°         Ekstranet
Adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Dengan cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitive dengan perusahaan lain.
°         Pengaruh penerapan
Empat faktor  yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif
-          Tekanan kompetitif
-          Penggunaan kekuasaan
-          Kebutuhan internal
-          Dukungan manajemen puncak
°         Manfaat – manfaat tidak langsusng IOS
-          Mengurangi kesalahan
-          Menurunkan biaya
-          Meningkatnya efisiensi operasional
-          Meningkatnya kemampuan untuk bersaing
-          Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
-          Memperbaiki layanan pelanggan

§  STRATEGI B2C UNTUK E – COMMERCE

Terdapat dua alasan yaitu semakin banyaknya  jumlah produk dan jasa maka akan semakin banyaknya pelanggan untuk melakukan pembelian menggunakan Web, kecepatan komunikasi yang semakin cepat maka akan mempermudah komputer-komputer rumahan yang lebih cepat memperjual produk-produknya.
°         Produk – Produk Digital
Perbedaan utama antara pembelian produk-produk fisik dalam melalui web adalah jika produk digital dapat digunakan ketika selesai di download. Dan perbedaan lainnya adalah jika produk itu sendiri berpindah pada asset pembelinya.
°         Produk – Produk Fisik
Pada produk –produk fisik ini perusahaan akan memberikan sejumlah metode pengiriman alternatif dengan harga yang berbeda.
°         Penjualan Maya Versus Campuran
-          Penjualan Maya
Perusahaan tidak mengoperasikan ketempat berjualan fisik
-          Penjualan Campuran
Perusahaan memiliki tempat penjual fisik dan pada situs web
°         Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan dapat memanfaatkan e – commerce seperti kantor pajak di Florida yang memanfaatkan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan. Dalam hal ini pemerintah mendapat keuntungan dengan adanaya e – commerce.

§  LANGKAH E – COMMERCE BERIKUTNYA

Tidak hanya barang saja yang saya tawarkan, tantangannya ialah teknologi. Seperti halnya konsumen lebih menyukai teknologi seperti telfon sseluler di banding harus menggunakan keyboard komputer,. Kebanyakan kalangan pebisnis memilih layanan nirkabel.
°         Perdagangan Bergerak
Mobile commerce atau m – commerce merupakan pemanfaatan telepon seluler untuk melakukan aktifitas E – Commerce nirkabel. Jaringan 3G banyak di manfaatkan untuk teknologi – teknologi ; nirkabel dalam memindahkan data dan lebih efisien. Semua orabg dapat bertransaksi menggunakan layanan ini.
°         Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Hot spot internet nirkabel cukup mewakili kebutuhan pengguna Web karena memiliki kecepatan jaringan yang sangat cepat, namun hal ini memiliki kendala karena hot spot hanya dapat dijangkau di tempat – tempat tertentu dan cakupan jarak tertentu. Verizon hadir dengan memberikan fasilitas seperempat hingga satu setengah kali kecepatan komunikasi nirkabel yang biasanya hanya ada di hotspot yaitu dengan menggunakan kartu seluler.



§  MENGGUNAKAN INTERNET

Pengguna E – Cemmerce tidak mungkin dilakukan tanpa adanya jaringan internet yang hadir pada tahun 1969 dan menggunakan yang kita kenal World Wide Web melalui jaringan yang melibatkan banyak komputer.
°         World Wide Web
Adalah sebuah ide menggunakan hypertext atau dokumen elektronik yang saling terkait. Ide ini terealisasi pada tahun 1992 dalam bentuk world wide web, sehingga orang dapat mengklik kata pada layar komputer mereka. Internet akan memfasilitasi jaringan dan web mengambil dan menyimpan dokumennya. World wide web atau yang disebut www bertindak sebagai server para pengguna mengaksesnya dengan menggunakan jaringan internet.
°         Rekomendasi Manajerial
-          Para pelaku bisnis atau toko fisik harus mulai mengikuti perkembangan dunia digital dengan memasuki e – commerce
-          Pelanggan bagi konsumen e – commerce perlu diperhatikan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen.
-          Pemanfaatan data base konsumen dengan baik.
Yaitu data- data konsumen yang sudah pernah menjadi pelanggan atau pernah bertransaksi dapat digunakan untuk memberikan penawaran di lain waktu dan berpromosi seperti mengirim blast email di email para pelanggan.

Ø  KESIMPULAN

Di era dunia digital yang semakin pesat industry e – commerce merupakan peluang yang sangat besar. Peralihan daya minat konsumen dari yang semula dilakukan manual sekarang beralih secara online, semua transaksi perdagangan, keuangan dapat terfasilitasi di dalam dunia online atau e – commerce. Kemudahan bertransaksi dan efisiensi perlu dijadikan gagasan untuk para pelaku bisnis agar mengikuti perkembangan jaman juga tidak mau tertinggal. Dengan adanya fasilitas jaringan internet yang saat ini sudah memadai diharapkan mampu mendukung para pelaku e – commerce untuk melakukan segala transaksi seperti layanan yang diberikan Telkom yang dihadirkan layanan internet cepat yang memberikan kemudahan pebisnis dan konsumen untuk mengkases situs – situs e – commerce.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar